Solo Hapuskan Pajak Bangunan Cagar Budaya

20 - Jul - 2010 | admin

Solo Hapuskan Pajak Bangunan Cagar Budaya

Solo Hapuskan Pajak Bangunan Cagar Budaya

SOLO–MI: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menghapuskan pajak bagi Bangunan Cagar Budaya (BCB). Kebijakan tersebut dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) yang akan diterbitkan dalam waktu dekat.

“Saat ini Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) dan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) sedang membahasnya. Mudah-mudahan bisa segera direalisasikan,” kata Wali Kota Solo, Joko Widodo, Senin (19/7).

Joko menambahkan, penghapusan pajak terhadap BCB tersebut demi upaya pelestarian. Dengan dihapusnya pajak BCB, ia berharap pemeliharaan BCB akan semakin baik.

Hal senada juga diungkapkan Kepala DTRK Solo, Yob S Nugroho. Ia yakin kebijakan ini akan memberikan dampak secara langsung terhadap pemeliharaan BCB yang ada. Karena sebagian besar diantaranya berstatus sebagai hak milik pribadi.

“Dengan penghapusan pajak itu, pemilik akan merasa lebih nyaman dan terdorong untuk melestarikan bangunan miliknya. Ini semacam insentif bagi mereka,” katanya.

Untuk keperluan tersebut, DTRK saat ini juga sedang mempersiapkan inventarisasi ulang. Kegiatan ini nantinya akan meliputi aspek kriteria, fungsi, usia bangunan, dan jenis konservasinya. (FR/OL-9)

sumber: mediaindonesia.com, penulis: Ferdinand

Depan | RSS 2.0 | Kategori: berita | Trackback | 0 Comments

Leave a Reply