Press Release “Do’a Bersama JM-PPK: Bergerak bersama demi Pegunungan Kendeng Utara”

16 - May - 2012 | sobirno

Gerakan penyelamatan Pegunungan Kendeng Utara telah memasuki tahun ke-7. Telah banyak peristiwa yang mewarnai perjalanan ini. Mulai dari intimidasi, ketegangan sosial hingga kisah tentang kegigihan warga untuk bergerak dalam segala keterbatasan. Semua hal ini menjadi dinamika gerakan yang mengiringi perjalanan panjang Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK).

Bulan Mei menjadi bulan yang penting bagi gerakan penyelamatan pegunungan Kendeng Utarag Pada bulan ini di tahun 2010 lalu sejarah telah mencatat keberhasilan JM-PPK mengagalkan rencana peletakan batu pertama pembangunan pabrik PT. Semen Gresik Tbk. Untuk memperingati peristiwa tersebut sekaligus menjaga semangat perjuangan ini maka JM-PPK mengadakan kegiatan “Do’a bersama JM-PPK” pada hari rabu tanggal 16 Mei 2012 di Punden Sunan Geseng, Dkh. Curug., Ds Kedumulyo, Kec. Sukolilo.

Acara ini diharapkan menjadi bagian dari perenungan warga dalam menghayati semangat penyelamatan lingkungan sekaligus merealisasikannya menjadi sebuah karya nyata. Salah satu bentuk karya nyata dari semangat ini adalah melakukan gerakan penghijauan Pegunungan Kendeng Utara. Pada kegiatan ini akan diadakan istigosah dan penanaman pohon oleh JM-PPK kemudian dilanjutkan dengan pembagian bibit tanaman sirsak dan jambu kepada anggota JM-PPK dari Kecamatan Tambakromo, Kayen dan Sukolilo untuk ditanam di lingkungan rumah masing-masing.

Acara ini juga bertujuan untuk memperkuat jaringan warga dari tiga kecamatan di Pati Selatan dalam hal penyelamatan Pegunungan Kendeng Utara karena kekuatan jaringan menjadi satu kunci keberhasilan warga dalam merawat gerakan yang telah berlangsung selama tujuh tahun ini. Diharapkan pula kegiatan ini dapat menjadi penyemangat bagi warga di Kecamatan Kayen dan Tambakromo yang saat ini juga mengalami ancaman pembangunan pabrik semen. Meyakinkan kepada semua pihak bahwa kelestarian Pegunungan Kendeng Utara merupakan satu tujuan bersama yang harus dicapai.

Satu hal yang juga ingin disampaikan melalui kegiatan ini yaitu mengabarkan kepada banyak pihak bahwa gerakan warga masih akan terus hidup.

Salam Kendeng!

Kedumulyo, 16 Mei 2012

Depan | RSS 2.0 | Kategori: berita | Trackback | 1 Comment

One Response to “Press Release “Do’a Bersama JM-PPK: Bergerak bersama demi Pegunungan Kendeng Utara””

  1. Sunu says:

    gerakan warga harus terus hidup, karena gerakan pabrik semen tidak akan berhenti sampai kapanpun.

Leave a Reply