Menhut Ajak Warga Tanam Sengon

10 - Sep - 2012 | sobirno

Bengkulu, Kompas – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengajak masyarakat menanam sengon karena prospektif secara ekonomi. Di samping itu, menanam sengon juga akan menjadi bagian penghijauan yang bisa menyelamatkan hutan.

Hal itu dikatakan Menhut saat kuliah umum di kampus Universitas Dehasen dan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Minggu (9/9). Menhut mengatakan, bagi masyarakat di Jawa, menanam sengon bukan hal yang aneh lagi saat ini, tetapi di Sumatera merupakan hal baru. ”Kayu sengon itu bagus, tetapi ringan,” ujarnya.

Menurut Zulkifli, harga kayu sengon saat ini Rp 950.000 per meter kubik. Satu meter kubik bisa diperoleh dari tiga batang tanaman sengon berumur lima tahun. Masa budidaya yang tidak terlalu lama, teknik budidaya yang mudah, dan permintaan pasar yang tinggi menjadi keunggulan kayu sengon.

”Di bawah tegakan sengon masyarakat masih bisa menanam tanaman lain untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, seperti kopi. Pemerintah akan menyiapkan bibit sengon. Ada dana yang bisa diakses masyarakat untuk memulai budidaya sengon,” ujar Zulkifli.

Zulkifli tidak khawatir ketika nanti produksi kayu sengon melimpah. Ia sudah mengajak sejumlah pengusaha kayu agar dapat menampung kayu sengon dari Sumatera. Kayu sengon banyak dipakai untuk tripleks, kayu lapis, papan penyekat, industri korek api, pensil, dan bahan baku industri pulp kertas.

Bupati Kepahiang Bando Amin C Kader menyatakan, Kepahiang sudah mulai menggalakkan penanaman sengon dalam beberapa tahun terakhir. Karena permintaan dan harga kayu sengon yang menjanjikan, menanam sengon menjadi investasi bagi masyarakat.

Dengan jarak tanam 1,5 x 1,5 meter, satu hektar lahan bisa ditanami 4.356 pohon sengon. Dengan asumsi tingkat keberhasilan hidup 75 persen, ada 3.000 batang pohon yang bisa dipanen selama lima tahun.

”Di Kabupaten Kepahiang, selain program menanam sengon, ada juga program budidaya buah naga dan kopi luwak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Bando. (ADH)

Sumber: Kompas 10 September 2012 hlm. 24.

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Kliping Media | Tags: , , , Trackback | 1 Comment

One Response to “Menhut Ajak Warga Tanam Sengon”

  1. ROVI ANDRYANSYAH S.Pt says:

    GIMANA CARA BISA DAPAT BANTUAN TANAM SENGON

Leave a Reply