“Sampah yang mengucapkan selamat tinggal kepada daun”

23 - Oct - 2012 | sobirno

Di jaman modern seperti ini sepertinya kita tidak bisa lagi menghindari pemakaian produk-produk yang berbungkus plastik. Hampir semua kebutuhan sehari-hari yang kita gunakan menjadikan plastik sebagai bungkusnya. Entah itu minuman, makanan ringan, sabun mandi, detergen dan masih banyak lagi. Semua barang yang kita gunakan ini selalu meninggalkan plastik sebagai sampah.
Tingginya tingkat pemakaian dan kurangnya informasi mengenai pengolahan sampah yang benar membuat sampah plastik selalu kita temui hampir di banyak tempat seperti di pinggir jalan, selokan, dan juga sungai. Tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang atau kota-kota besar lainya, sampah plastik yang beretebaran pun bisa kita temui di desa-desa sekitar kita, atau bahkan di sekitar rumah kita. Apakah kita akan membiarkannya?

“Mengaca pada air”
Banyaknya volume sampah yang berada di hulu sungai membuat air yang berada di hilir menjadi tercemar. Akibatnya buih putih seperti busa sabun muncul di permukaan air yang semula bening.


“Hanya monyet…”
Untuk mencegah agar sampah tidak lagi di buang di dekat sumber warga desa Prawoto Kec.Sukolilo memasang reklame di pinggir sumber Njibing. Tidak hanya itu, di sebelah utara sumber nJibing juga terdapat bak pembuangan sampah yang di buat secara swadaya.


“Brrr…dingin”
Seorang anak laki-laki berdiri di samping bak pembuangan sampah umum dengan celana basah setelah mandi di Sumber nJibing bersama teman-temannya.


“Mengambil air”
Seorang perempuan warga desa Godo Kec.Winong Kidul Kab . PATI sedang mengambil air di sumber Tambar yang berada tak jauh dari tempat tinggalnya bersihya. Air yang keluar dari sela bebatuan kapur dan akar pohon Ara (Ficus Racemosa) nyaris tak pernah sepi oleh warga yang datang untuk mandi dan juga mengambil air untuk kosumsi . Selain itu sering juga orang dari desa lain yang mengambil air untuk pengobatan masyarakat di luar desa Godo percaya air yang berasal dari sumber tersebut bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit .

Foto & teks: “Ragil” Kuswanto

Depan | RSS 2.0 | Kategori: foto,Potensi Kendeng | Trackback | 0 Comments

Leave a Reply