PROMOSI PARIWISATA: Paket Wisata Jateng Dilirik

8 - Dec - 2012 | adplus

Sumber foto: jurnal-ap.blogspot.com

Jepara, Kompas – Lembaga Pengembangan Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Regional di bawah Kementerian Republik Federal Jerman (GIZ RED) Jawa Tengah merintis paket wisata Demak-Karimunjawa, Jawa Tengah. Upaya itu bertujuan meningkatkan perekonomian dan pariwisata di wilayah Pati-Kudus-Demak-Jepara-Rembang-Blora atau Pakudjembara.

Saat awal, GIZ RED Jawa Tengah (Jateng) menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jepara, dan Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia Solo. Mereka menggelar tur ke Masjid Demak, makam Sunan Kalijaga, Kelenteng Hian Thian Siang Tee, sentra industri monel, tenun troso, dan ukir, serta Pantai Bandengan dan Kepulauan Karimunjawa, 7-9 Desember.

Koordinator GIZ RED Jateng Nanik Rahmawati, Jumat (7/12), mengatakan, Demak, Kudus, dan Jepara terkenal dengan wisata religi peninggalan Wali Sanga dan kelenteng tua Hian Thian Siang Tee. Di wilayah itu, ada potensi wisata lain berupa pesona pantai pasir putih Bandengan dan Kepulauan Karimunjawa. Ada pula sentra kerajinan, seperti monel, ukir, dan tenun troso, yang mendukung paket wisata.

”Paket wisata itu belum banyak dikembangkan. Padahal, hasil survei GIZ RED Jateng, pasar perantara para wisatawan itu mayoritas dari Solo, Semarang, dan Yogyakarta. Mereka kerap menerima permintaan wisata ke Karimunjawa dari Malaysia dan Singapura,” kata Nanik.

Untuk itulah, GIZ RED Jateng bersama pelaku wisata dan pemerintah setempat berupaya merealisasikan paket wisata itu. Hal itu untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Jateng, Visit Jawa Tengah 2013.

Ketua PHRI Jepara Sigit Nugroho mengakui, selama ini tidak banyak paket wisata dari Solo, Semarang, Yogyakarta, dan Magelang, yang merangkum pula wisata di wilayah Pakudjembara. Paket wisata itu ditargetkan bisa menggaet 300.000 wisatawan per tahun,” ujar Sigit. (HEN)

Sumber berita: Kompas, 8 Desember 2012 hlm. 21

Sumber foto: jurnal-ap.blogspot.com

Depan | RSS 2.0 | Kategori: berita | Trackback | 0 Comments

Leave a Reply