Aksi Tolak RTRW Jawa Tengah 2009-2029

14 - Dec - 2012 | adplus

Foto dan teks oleh "Ragil" Kuswanto

Foto dan teks oleh “Ragil” Kuswanto

Ribuan warga yang tergabung dalam JM-PPK ( Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng ) yang berasal dari lima kabupaten yaitui : Pati, Grobogan, Blora , Rembang, dan Kudus pada hari rabu 12-12-2012 mendatangi kantor DRPD Jawa Tengah yang berada di jalan pahlawan Semarang untuk mengelar  aksi menolak di tetapkanya kawasan Kendeng menjadi kawasan industri  dan pertambangan. Ribuan masyarakat yang kebanyakan petani  itu khawatir  Perda Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009 – 2029 akan bedampak bagi hilangya lahan pertanian dan rusaknya kawasan pegunungan kendeng yang semula kawasan lindung .

Dalam aksi itu ada dua tuntutan yang ingin di sampaikan masyarakat ya itu :

1. Revisi Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009 – 2029 dengan mempertimbangkan aspek daya dukung dan daya tampung lingkungan. Untuk revisi harus memastikan adanya Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan partisipasi masyarakat.
2. Menolak rencana pendirian pabrik semen dan eksploitasi kawasan pegunungan kendeng utara di kabupaten Pati oleh PT. Sahabat Mulia Sakti (PT. Indocement); Di kabupaten Grobogan oleh PT. Vanda Prima Listri; Di Kabupaten Rembang oleh PT. Semen Gresik dan di Kabupaten Blora oleh PT. Imasco Tambang Raya.

Rombongandari Kec. Kayen berhenti di pertigaan Cengkalsewu Kec.Sukolilo untuk menunggu rombongan lain yang berasal dari Kec.Tambakromo dan Kec.Sukolilo

Long march dari kawasan simpang lima menuju depan gedung DPRD.

Wanita sebagai simbol kelembutan sekaligus kekuatan ibu pertiwi

Di bawah terik matahari yang menyengat, warga dari lintas kabupaten di Kendeng ini terus melakukan aksi dengan semangat.

Berbeda dengan kegiatan Aksi sebelumnya, untuk menjaga ketertiban aksi pihak kepolisian lebih banyak menerjunkan polisi wanita tanpa pentungan dan senjata pada barisan depan

Depan | RSS 2.0 | Kategori: foto | Tags: , , Trackback | 0 Comments

Leave a Reply