JURU WARTA: Aksi 121212

26 - Dec - 2012 | adplus

Tanggal 12 Desember 2012 pukul 09:30, ribuan masyarakat yang terdiri dari 5 kabupaten yang diantaranya yaitu kabupaten Blora, Rembang, Pati, Kudus dan Grobogan yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) mendatangi kantor DPRD Semarang untuk melakukan aksi penolakan perda no 6 th 2010 tentang RTRW Jawa Tengah yang berlaku dari 2009-2029.  Perda inilah yang saat ini menjadikan pegunungan kendeng menjadi kawasan pertambangan dan industri.

Sebelum aksi dimulai, ribuan masyarakat berjalan kaki kurang lebih satu kilometer menuju kekantor DPRD sambil berorasi “Tolak perda RTRW Jateng”. Peserta yang kebanyakan kaum petani khawatir dengan adanya Perda tersebut karena bisa mengakibatkan keterancaman lahan dan tempat tinggal mereka. Perda ini juga merubah kawasan Kendeng yang semula untuk pertanian dan pariwisata, kini ditetapkan menjadi kawasan industri dan pertambangan tanpa melalui penelitian yang serius.

Tiba di depan gedung DPRD Jawa Tengah, aparat kepolisian mengizinkan beberapa orang yang mewakili masuk ke kantor DPRD. Dalam kesempatan ini JM-PPK yang diwakili oleh beberapa orang perwakilan dari masing-masing kabupaten menyampaikan tuntutannya agar Perda No 6 tahun 2010 direvisi. Selama perwakilan JM-PPK bernegosiasi, peserta aksi lain yang berada diluar gedung DPRD terus memberikan semangat dan meneriakkan tuntutan. Selain berorasi, mereka juga mengadakan do’a bersama yang kemudian dilanjutkan dengan pementasan teatrikal dari masyarakat Blora. Aksi yang berjalan tertib dan damai kali ini tak lepas dari peran ibu-ibu yang terus menjaga aksi tetap “adem”. Ibu-ibu yang berada di garis depan mengajak peserta aksig untuk nembang geguritan, sholawatan dan membaca puisi.

Hari sudah sangat panas, ketika sekitar pkl. 12.10 WIB perwakilan JM-PPK keluar dari gedung DPRD. Gunretno, yang menjadi salah perwakilan, naik ke truk mimbar orasi untuk menyampaikan hasil perutandingan antara JM-PPK dan DPR D Jawa Tengah. Dalam pertemuan ini pihak DPR D menyatakan sepakat untuk melakukan revisi RTRW Jawa Tengah dan mengikutsertakan JM-PPK dalam proses tersebut. Setelah orasi singkat dari Gunretno ini aksi diakhiri dengan tertib. Tak lupa, peserta aksi membersihkan sampah di depan gedung DPR D Jawa Tengah.

Juru Warta: Rinna Susanti

Foto: “Ragil” Kuswanto

 

Depan | RSS 2.0 | Kategori: berita,kegiatan | Tags: , , Trackback | 0 Comments

Leave a Reply