CUACA: Waspadai Hujan Merata

31 - Jan - 2013 | adplus

Kompas, Jakarta - Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pertumbuhan awan kembali aktif. Perlu kewaspadaan akibat hujan lebat di sejumlah daerah.

”Di perairan sebelah barat Sumatera, selatan Jawa, dan di Australia timur sekarang ini menjadi pusat tekanan rendah. Artinya, suhu permukaan lautnya hangat dan banyak menyuplai uap air,” kata Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG Edvin Aldrian di Jakarta, Rabu (30/1).

Ketiga wilayah pusat tekanan rendah itu membentuk pumpunan awan memanjang di pesisir barat Sumatera menuju Selat Makassar hingga Laut Seram. Daerah pumpunan awan itu sekaligus pertemuan angin dari utara dan selatan yang berpotensi menimbulkan hujan lebat dan gelombang tinggi.

Hujan di Jakarta

Akibat pumpunan awan dan pertemuan angin itu, wilayah Jakarta dan sekitarnya juga berpotensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan.

Selain itu, BMKG juga memprediksikan wilayah Sumatera bagian utara dan barat, Jawa Barat bagian utara dan barat, sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, serta Sulawesi Barat akan mengalami hal serupa.

Hujan lebat disertai angin kencang juga akan terjadi di Jawa Tengah bagian timur, Jawa Timur bagian timur, Sulawesi Tengah bagian utara dan timur, Maluku bagian tengah dan tenggara, Papua Barat bagian timur, dan Papua bagian timur.

Terkait modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi risiko banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya, ditegaskan bahwa itu hanya mengurangi 30 persen curah hujan. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, pelaksanaan TMC untuk menghindarkan banjir di Jakarta dengan metode menjatuhkan hujan ke laut sebelum tiba atau masuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. (NAW)

Sumber berita: Kompas 31 Januari 2013 hlm. 14

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Kliping Media | Tags: , Trackback | 0 Comments

Leave a Reply