Internet dan Sosial Media: Kenalan Yuk!

7 - Feb - 2013 | adplus

Oleh Rheina Shanti

Sering kita mendengar kata-kata Facebook, internet, atau twitter dalam obrolan sehari-hari. Bahkan karena begitu populernya sampai-sampai ada acara televisi yang menggunakan facebook sebagai judul acaranya. Saat teknologi di negara kita sudah sedemikian maju, segala macam kegiatan dan informasi dapat diperoleh dan disebarkan melalui internet atau pun sosial media. Walaupun setiap hari kita berhubungan dengannya, jarang sekali yang tahu apa sebenarnya yang dinamakan internet atau sosial media. Penggunaan internet dan sosial media saat ini, sejauh yang saya tahu, lebih banyak dimanfaatkan untuk kepentingan hiburan dan hal-hal yang tidak begitu penting. Padahal seharusnya lebih banyak hal yang dapat dilakukan dengan keberadaan internet dan sosial media.

“Tak kenal maka tak sayang”, begitu kata pepatah. Agar lebih mengenalkan internet dan sosial media pada remaja di Pati, maka pada tanggal 1-3 Februari kemarin tim Omah Kendeng mengadakan pelatihan dengan tema “Belajar Mengenal Internet dan Sosial Media” yang diadakan bersama Angkruk Kenanti yang berada di Kecamatan Dukuhseti. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelatihan dokumentasi yang pernah diadakan oleh Omah Kendeng dengan harapan agar kegiatan pendokumentasian berbaggai hal yang berkaitan dengan persoalan lingkungan dapat disebarkan secara lebih luas.

Hari pertama pelatihan dimulai dengan nonton film India berjudul “3 Idiots”. Film ini sangat bagus, dimana dalam film tersebut banyak hal yang bisa kita petik dan kita teladani diantaranya adalah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna karena setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Semua akan jadi sempurna jika kita bisa saling melengkapi satu sama lain serta menerima kekurangan orang – orang yang ada disekitar kita. Selain itu kita juga harus peka terhadap segala sesuatu yang ada di sekitar kita sehingga kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Dan hal yang tidak kalah penting adalah bahwa tidak selamanya kesuksesan itu hanya milik orang – orang yang memiliki gelar tinggi orang yang berpendidikan rendah pun bisa sukses asalkan mau belajar dan berusaha. Kesuksesan bisa diraih oleh siapapun, itu prinsip yang kami yakini dalam mengikuti pelatihan ini. Pendidikan kami yang rata-rata SD dan SMA tidak membuat kami rendah diri untuk belajar internet dan sosial media. Justru dengan informasi yang ddisediakan oleh internet inilah kami mampu mendapatkan pelajaran yang tidak didapatkan di sekolah.

Pada hari kedua pelatihan kami dipusingkan dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan internet dan jejaring sosial, antara lain googling, menyimpan file yang sudah kami cari. Agak susah karena harus mengetahui cara mencari file yang benar, menamainya kemudian mengingat tempat penyimpanan file. Tidak ini saja, kami kemudian diajari untuk membuat email di akun gmail.com berbahasa Indonesia. Biarpun harus berjam-jam berada di depan komputer untuk mengetahui cara mengelola email ini kami cukup senang karena mendapat pengetahuan baru.

Pelajaran pada hari ketiga sedikit lebih rumit daripada hari sebelumnya. Pada hari ini kami diajari cara membuat Facebook, twitter dan blog. Untuk facebook tidak begitu susah karena kami sudah sering facebookan lewat handphone sebelum pelatihan ini diadakan. Tapi untuk twitter dan blog, kami harus lebih serius mempelajarinya. Khusus untuk blog, pada pelatihan ini kami diajari cara posting tulisan, foto dan video di blog yang sudah kami buat sekaligus juga cara untuk mengelola akun-akun itu dengan baik.

Pelatihan ini diadakan dengan tujuan supaya tim dokumentasi Omah Kendeng bisa mengoperasikan teknologi yang ada saat ini,terutama mengenai internet dan jejaring sosial. Sehingga jika nantinya ada kegiatan atau pun kejadian yang terjadi didaerah kita kiranya penting untuk dipublikasikan dan bisa bermanfaat bagi banyak orang maka tim dokumentasi cukup dengan meng upload hasil pendokumentasiannya di jejaring sosial baik berupa foto,video maupun berupa tulisan. Sehingga seluruh dunia bisa mengetahui kejadian apa saja yang terjadi didaerah kita cukup dengan mengakses di website Omah Kendeng.

Depan | RSS 2.0 | Kategori: berita | Tags: , , Trackback | 0 Comments

Leave a Reply