Komik Kendeng edisi 3

13 - Feb - 2013 | admin

Menceritakan pentingnya menjaga kawasan pegunungan Kendeng baik di atas maupun di bawah. Pegunungan Kendeng sebagai sebuah sistem geologi (terutama air) harus dilihat sebagai sistem yang terkait dengan alam di sekitarnya. Salah satu fungsi Pegunungan Kendeng adalah sebagai sumber mata air bersih yang melimpah. Air ini tersimpan melalui proses yang sangat lama, meresap sedikit demi sedikit, tersaring dan terkumpul, sehingga sangat jernih. Sumber mata air ini terhubung dengan sistem sungai atau aliran air hujan yang berhulu di pegunungan Kendeng.

Keterkaitan ini juga diceritakan dalam komik ini. Diceritakan tentang padi yang lambat pertumbuhannya padahal air dan pupuk cukup. Ternyata banyak penduduk bagian atas yang menggunakan herbisida untuk memusnahkan rumput. Herbisida yang banyak digunakan ini mengendap di tanah, dan pada saat hujan terbawa air hingga ke bawah dan mencemari persawahan penduduk. Residu herbisida inilah yang kemungkinan menjadi penghambat pertumbuhan padi.

Komik ini mengingatkan akan perlunya menjaga kelestarian pegunungan Kendeng, karena yang terjadi di atas (pegunungan) akan berakibat pula di bawah (dataran). Berarti rusaknya pegunungan Kendeng akan berdampak tidak hanya pada warga yang tinggal di lerengnya, namun lebih luas.

Jadi menyelamatkan pegunungan Kendeng berarti menyelamatkan banyak orang, baik yang tinggal di lerengnya maupun yang jauh letaknya.

Klik untuk membaca komik
Klik untuk Download Filenya

Depan | RSS 2.0 | Kategori: download,Komik | Trackback | 0 Comments

Leave a Reply