Perbukitan Kendeng Dibalik Desa Wonosoco, Surganya Bagi Penjelajah

20 - Feb - 2013 | adplus

KUDUS, suaramerdeka.com – Banyak kejutan yang ditemui ketika menaikai Perbukitan Kendeng yang berada di selatan Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus. Selain udaranya yang masih sejuk pemandangan alam berupa bebatuan cadas serta gunung – gunung kecil masih banyak dijumpai dan hal tersebut merupakan surganya bagi para penjelajah.

Memang belum semua potensi alam tersebut dibuka secara resmi, namun pemerintah desa setempat sudah mengelolanya secara swadaya, dan hasilnya dimanfaatkan sepenuhnya untuk masyarakat setempat.

Kepala Desa Wonosoco, Sudarmin saat ditemui kemarin menjelaskan, awalnya potensi alam ini belum banyak yang tahu, namun lambat laun justru banyak masyarakat dari berbagai wilayah datang dan memanfaatkannya untuk berwisata.

“Seiring dengan banyaknya pengunjung maka kami bekerjasama dengan Pemkab Kudus menjadikan Desa Wonosoco sebagai desa wisata, meski sekalanya kecil,” katanya.

Kawasan Desa Wonosoco memang cukup lengkap untuk dijadikan wisata hayati karena ada hutan, perkebunan serta perbukitan yang dipenuhi dengan aneka macam tumbuhan. “Kelengkapan lainnya adalah disediakan homestay bagi pengunjung atau wisatawan yang singgah di Desa Wonsoco dan semuanya dikelola secara swadaya,” jelasnya.

Selain itu masyarakat desa telah membangun jalan setapak yang belum dipermanen sepanjang dua kilometer untuk mengitari perbukitan tersebut. ( Ruli Aditio / CN32 / JBSM )

Sumber: Suaramerdeka.com 16 Februari 2013

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Kliping Media | Trackback | 0 Comments

Leave a Reply