PERTAMBANGAN: Warga Tuntut Pelestarian Kendeng Utara

1 - May - 2013 | adplus

PATI, KOMPAS – Ribuan warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (29/4), berunjuk rasa, menagih janji Bupati Pati Haryanto. Bupati dinilai berjanji untuk menertibkan tambang ilegal dan melestarikan Pegunungan Kendeng Utara.

Aksi bertema ”Kartini-Kartini Pelestari Pegunungan Kendeng Nagih Janji” digelar di Alun-alun Kabupaten Pati. Warga dari Kecamatan Kayen, Tambakromo, dan Sukolilo, Pati, mengemas aksi secara teatrikal mengenai ibu tani, Dewi Kunti, dan Nagaraja.

Menurut Koordinator Aksi Sriwianik, bupati pernah berjanji menutup tambang galian C ilegal di Pegunungan Kendeng Utara. Saat maju sebagai calon bupati, Haryanto menjanjikan pula kelestarian alam Pegunungan Kendeng Utara. Namun, janji itu tak terealisasi. Kerusakan Pegunungan Kendeng Utara akibat tambang ilegal menyebabkan banjir di lereng dan daerah hilir.

Menurut Sriwianik, warga gelisah dan hidup tak tenang terkait rencana pembangunan pabrik semen di kawasan Kendeng Utara. Mereka juga khawatir akan terjadi banjir bandang. ”Belum ada perusahaan besar saja sudah banjir bandang, apalagi nanti setelah ada pabrik semen,” kata warga Kecamatan Kayen itu.

Gunarti (40), warga Kecamatan Sukolilo, berharap revisi peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah segera dilakukan. Materi utama revisi itu adalah penetapan Pegunungan Kendeng Utara sebagai kawasan lindung dan daya dukung, bukan sebagai kawasan tambang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati Suhud berkomitmen untuk menertibkan dan menutup penambangan liar. Kini Satpol PP masih mendata tambang galian C itu.

Di Bandung, Senin, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat Dadan Ramdan mengingatkan, penambangan pasir besi di kawasan hutan, pesisir, dan pantai di lima kabupaten di Jabar makin marak. (hen/dmu)

Sumber berita: Kompas, 30 April 2013 hlm. 22.
Foto: JM-PPK/ Purnomo.

Depan | RSS 2.0 | Kategori: kegiatan,Kliping Media | Tags: , , , Trackback | 0 Comments

Leave a Reply