Gugusan Bukit Karst Benteng Timur Laut Tuban (Seri 1)

20 - Aug - 2013 | adplus

Potensi Penting Sumber Daya Alam yang Tercabik

TUBAN – Gugusan bukit karst dari hamparan formasi Kendeng Utara berada di timur laut Kabupaten Tuban berjajar terdiri dari empat (4) bukit kapur, Gunung Galang, Ngimbang, Singget dan Pucangan masing-masing mempunyai hamparan (morfologi) dengan ukuran dan bentuk berbeda, namun sayang sebagian sudah mulai tercabik-cabik.

Kawasan karst Tuban tak habis kita telusuri untuk mengetahui potensi positif dari berbagai aspek, salah satunya kita mulai dari Gunung Galang sebuah gugusan bukit berketinggian 75 mdpl yang lebat ditumbuhi pohon jati dan beberapa vegetasi berbatang keras dikelilingi oleh lahan pertanian kering maupun pertanian lahan basah yang subur.

“Diantara keempat gugusan bukit karst di timur laut Gunung Galang merupakan yang paling utuh dari eksploitasi ekstraktif dibanding Gunung Ngimbang, Singget dan Gunung Pucangan di Wilayah Kecamatan Palang,“ kata Edy Toyibi, Direktur LSM Cagar mengawali pembicaraan saat menjelajah kawasan dengan sosialnews.com

Gunung Galang di Kecamatan Widang membujur dari timur ke barat sekitar 3 km dan lebar 1000 m tersusun oleh batu gamping berumur Pliosen batu gamping muda dan terus berkembang positif (ke atas) dengan sekelilingnya dikepung lapisan bawah oleh formasi lempung (Hanang Samodra 2001).

Edy menambahkan “Gunung Galang merupakan kawasan resapan air dengan luas 168 Ha dengan indikator sederhana di sekitarnya banyak ditemui mata air, salah satunya mata air Sigagak perkiraan debit air 150 liter/detik,“ kata lelaki yang aktif melindungi karst tersebut.

Edy juga menyayangkan di ujung timur puncak bukit Gunung Galang ada pembabatan vegetasi jati sehingga nampak terbuka.

“Dahulu di sini banyak dijumpai binatang-binatang hutan, seperti Kijang, Babi Hutan, Burung Merak, lo… mas, namun sekarang sudah jarang dijumpai lagi,“ kata Rojali (55 th) petani di sekitar Gunung Galang.

Dari cerita para tetua masyarakat yang masih berkembang sampai sekarang Gunung Galang mempunyai kekuatan magis dan sakral, “Memang kepercayaan masyarakat di kawasan karst pada aspek sakral dan magis dijumpai hampir pada seluruh nusantara,“ terang Edy enteng ketika sosialnews menyinggung cerita itu.

“Dalam ilmu karstologi kearifan lokal hal itu juga dipelajari untuk melihat kawasan karst secara utuh,“ papar Edy.

“Bahkan dari penelusuran dahulu kala sekitar Gunung Galang dan Ngimbang satu-satunya lokasi di Tuban yang dipercaya sebagai tempat jatuhnya meteor (benda dari angkasa), namun titik persisnya masih misteri,“ edy mengakhiri . *(snc-At)

Sumber: http://sosialnews.com/lingkungan-hidup/gugusan-bukit-karst-benteng-timur-laut-tuban-seri-1.html

Depan | RSS 2.0 | Kategori: Kliping Media | Trackback | 0 Comments

Leave a Reply